Thursday 10 October 2019

Perawatan Diri untuk Introvert


Saya hidup dengan seorang ekstrovert. Suamiku mendapatkan energinya dari berada di dekat orang-orang dan menjadi gila ketika sendirian terlalu lama. Saya sebaliknya. Saya seorang introvert yang membutuhkan waktu sendirian secara teratur untuk merasa membumi.    
Selama bertahun-tahun, kami telah berhasil menemukan kompromi yang nyaman dalam hubungan kami . Saya bekerja sangat keras untuk menghindari pasif-agresif dan hanya mengatakan apa yang saya butuhkan. Dia belajar untuk tidak tersinggung ketika saya mengatakan saya perlu sendirian. 
Tidak selalu seperti ini. Ketika anak-anak kami masih kecil dan saya mengajar penuh waktu, sendirian saja jarang terjadi. Saya belajar untuk secara aktif mencari cara untuk memiliki waktu untuk diri sendiri, dan kemudian memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
Saya belajar berhenti menunggu situasi yang sempurna, karena itu tidak pernah datang. Tidak ada kabin yang sunyi di hutan untuk mengawasi rusa. Derai-derai hujan yang lembut di atap bukan satu-satunya suara selama badai. Saya tidak pernah mengatur selimut salju di luar sementara saya meringkuk, sendirian, dengan kopi. Hal-hal ini terdengar luar biasa, tetapi itu tidak terjadi.
Alih-alih berharap untuk yang tidak mungkin, saya menemukan cara untuk menjadi kreatif dan fleksibel. Sementara hidup sibuk, dan kita sibuk merawat orang lain, kita introvert harus ingat untuk menjaga diri kita sendiri juga. Kita semua tahu bahwa kita adalah versi diri kita yang lebih baik ketika kita dapat mengatur ulang dan mengisi ulang, bahkan hanya untuk beberapa menit. Kuncinya adalah mencari peluang dan menghargai mereka sepenuhnya.
Dengan beberapa penyesuaian, banyak hal yang kita lakukan setiap hari dapat diubah menjadi sebuah oase kecil kedamaian dan ketenangan, atau setidaknya beberapa saat hening. Berikut adalah lima praktik perawatan mandiri yang berhasil bagi saya - Saya harap mereka juga membantu Anda.

Gagasan Perawatan Diri Tanpa Rewel untuk Introvert


1. Berhenti saja.

Ketika pikiran Anda berpacu sepanjang waktu dan Anda tidak dapat menghentikan input (seperti halnya bagi banyak dari kita introvert), kadang-kadang dibutuhkan pemberhentian penuh untuk mengatur ulang dan mengisi ulang. Matikan TV dan suara-suara lain di rumah Anda dan duduk saja. Menatap ke dalam jurang untuk sementara waktu. Renungkan atau latih kewaspadaan jika Anda bisa bertengkar dengan otak monyet Anda. Tidak butuh waktu lama. Keheningan sederhana beberapa menit dapat melakukan banyak hal bagi jiwa dan pikiran yang tertutup.
Jika Anda tidak dapat menemukan waktu di rumah, cobalah ambil beberapa menit di dalam mobil. Tetap tenang di perjalanan pulang atau duduk di tempat parkir selama beberapa menit setelah Anda tiba di tujuan.
Dalam keadaan darurat, selalu ada kamar mandi. Kebanyakan orang dewasa akan meninggalkan Anda sendirian ketika Anda berada di kamar mandi, bahkan jika anak-anak tidak mau. Percayalah, ada baiknya dicoba! 

2. Berkreasilah.

Sesuatu tentang aliran tinta dari pena yang bagus di atas kertas berkualitas hanya menenangkan saya segera. Ini kurang tentang kata-kata yang ditulis dan lebih banyak tentang pembuatan kata-kata, kerajinan mereka, dan aliran tinta. Saya membayangkan itu mirip dengan apa yang dialami seorang pelukis meletakkan cat di atas kanvas. Atau musisi saat memainkan alat musik. Atau tukang roti mengaduk adonan. Anda mendapatkan idenya.
Biarkan kreativitas muncul dalam aktivitas sehari-hari Anda. Buat tentang prosesnya, bukan produknya. Bahkan dengan aktivitas di sekitar Anda, Anda dapat membuat gelembung dan membiarkan pikiran Anda beristirahat saat Anda fokus pada langkah-langkah kecil dan detail proses.

3. Tidur siang tidak pernah sakit.

Cukup kata. Sungguh, sofa yang nyaman, selimut empuk, bantal yang bagus, dan anjing, kucing, kambing, atau apa pun yang Anda miliki. Jangan khawatir tentang waktu hari. Jangan khawatir tentang apakah Anda akan tidur malam itu atau tidak. Jika Anda lelah, secara fisik, emosional, mental ... tidur siang! Anda jelas membutuhkannya.

4. Berjalan-jalan.

Sekali lagi, ini lebih tentang proses daripada hasil. Saya berbicara tentang jalan yang santai, bukan olahraga. Orang ekstrovert saya bersantai dengan berolahraga. Itu menenangkannya dan memungkinkannya untuk berpikir jernih. Tetapi olahraga yang intens jelas bukan cara saya rileks. Aku benci berkeringat. Aku benci menjadi seksi. Hal-hal menyakitkan di tempat-tempat aneh, dan aku tidak bahagia dan stres.
Tetapi berjalan tenang di alam dapat membantu dengan perspektif dan landasan. Jika Anda bukan pejalan kaki, pikirkan hal-hal seperti Tai Chi, yoga, naik sepeda santai, atau berenang. Semua hal ini baik untuk Anda, terlepas Anda berkeringat dan membakar kalori. Menikmati kegiatan ini tanpa menonton pedometer, monitor detak jantung, atau penghitung kalori memungkinkan Anda untuk benar-benar menikmati proses gerakan dan fokus pada tubuh Anda dan bagaimana rasanya. Ini cara yang bagus untuk menangkal stres emosional pada hari itu dan membiarkan pikiran Anda beristirahat.

5. Baca buku.

Biarkan orang lain melakukan pekerjaan. Tersesat dalam kata-kata seorang penulis hebat dan buku hebat. Jangan membaca untuk pelajaran atau untuk mengeksplorasi bagaimana ia menciptakan ketegangan atau mengelola dialog. Jangan membaca sesuatu hanya karena Anda pikir Anda harus melakukannya. Itu seperti pekerjaan rumah, dan kita sudah dewasa.
Kita bisa membaca hanya untuk bersenang-senang, untuk cerita, dan untuk hiburan. Biarkan diri Anda tersesat dalam kata-kata yang dikerjakan orang lain, hanya untuk Anda, pada saat yang tepat ini. Hargai apa yang mereka lakukan, dan berikan perhatian yang layak mereka terima. Terima hadiah itu dan bersenang-senanglah.
Ketika Anda melakukannya, Anda akan cukup terisi untuk berbalik dan melakukan pergantian yang baik untuk orang lain dalam tulisan Anda sendiri , atau apa pun yang Anda lakukan yang memenuhi Anda dan membantu orang lain. 

No comments:

Post a Comment